SELAMAT DATANG TEMAN-TEMAN GURU GEOGRAFI TINGKAT MADRASAH ALIYAH SULAWESI UTARA, GORONTALO DAN MALUKU UTARA

Rabu, 10 Desember 2014

Quipper School dan Indonesia: Resep Menuju Sukses

Indonesia terus meningkat. Dalam satu dekade terakhir, negara terbesar keempat di dunia ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang kuat dan mantap di samping jatuhnya tingkat kemiskinan, dan tampaknya bangsa negara ini siap untuk mengambil peran yang berpengaruh di panggung dunia pada abad ke-21. Generasi Indonesia ke depan memiliki banyak alasan untuk bersikap optimis, apalagi mereka juga berkesempatan untuk memanfaatkan perkembangan pendidikan digital, dengan melihat Quipper School menjadi semakin populer di kalangan guru dan siswa. Tim Quipper School mengunjungi beberapa guru pengguna yang aktif di Bandung dan Jakarta pada 27-29 November 2014 lalu. Artikel ini mengulas tiga temuan menarik tim kami, serta beberapa tips untuk membantu guru mengaktivasikan siswa!
  1. Pembelajaran Mobile (dimana saja)
Beberapa siswa di Indonesia telah memiliki smartphone dan tablet, dan mereka juga senang untuk berbagi meminjamkan ke teman-temannya! Dalam beberapa tahun terakhir, tingkat perkembangan internet mobile di Indonesia telah meroket. Dan pengguna Quipper School yang paling berhasil, mengaplikasikan budaya pembelajaran Bring Your Own Device (BYOD) - Bawa Perangkatmu Sendiri - di sekolah. Di samping itu, infrastruktur mobile di Indonesia terus berkembang, dan tim kami menemukan bahwa hampir semua siswa dapat mengakses layanan 3G yang murah, sehingga mereka dapat menggunakan Quipper School Learn dengan mudah!
Untuk mempermudah juga, aplikasi Android kami untuk mengerjakan tugas sudah hampir dirilis. Nantikan pengumumannya!
  1. Pembelajaran yang Fleksibel
Quipper School memudahkan guru untuk mengatur tugas atau PR, pilihan ada di tangan guru! Dan hal ini sudah berjalan dengan sangat baik di Indonesia, terutama bagi guru pengguna yang aktif, yang memperkenalkan topik baru selama jam pelajaran di sekolah menggunakan proyektor. Para guru ini menjelaskan topik dengan menggunakan materi Quipper sebagai referensi, lalu mengatur soal sebagai PR dengan memanfaatkan fitur Tugas sebagai pembelajaran di luar sekolah.
  1. Program Pembelajaran yang Terintegrasi
Quipper School adalah alat penunjang yang dapat digunakan bersamaan dengan program pembelajaran
tradisional. Namun, kami terus menemukan bahwa guru yang paling berhasil adalah guru yang memadukan Quipper School ke dalam skema pembelajaran resmi. Pelaksanaannya bisa beragam, tapi yang paling sering adalah guru mewajibkan siswa untuk belajar menggunakan layanan Quipper School dan penilaiannya berkontribusi pada nilai rapor. Besar nilainya tergantung pada guru yang bersangkutan, namun kami menemukan bahwa saat ini rata-rata guru memasukkan nilai Quipper School sebanyak 25% untuk nilai akhir. Kecenderungan ini semakin meningkat dengan adanya fitur baru ‘Ujian’ yang membantu guru untuk mengirimkan tes formal bagi siswa, daripada hanya memberikan tugas reguler biasa. Pendukung lainnya adalah platform Quipper School Create kami yang mempermudah guru untuk membuat topik personalnya masing-masing di kelas.
Mengimplementasikan aturan seperti di atas dapat mendorong aktifnya keterlibatan siswa, sekaligus mengasah konsentrasi mereka selama belajar online. Dan untuk mencapai hasil yang maksimal, guru diarahkan juga untuk mengirim tugas ujian dengan menggunakan konten Quipper School atau dengan materinya sendiri.
      4. Kesimpulan
Jadi, guru Quipper School di Indonesia yang sukses biasanya memanfaatkan peningkatan kapasitas pembelajaran mobile dan fleksibilitas platform kami, beserta dengan fitur-fitur barunya yang mantap. Tiga faktor tersebut merupakan kombinasi yang menciptakan efek besar di Indonesia. Namun, 3 hal di atas hanya bagian dari cerita dibalik tumbuhnya Quipper School di Indonesia. 
Ayo..kepada teman-temanku sesama pendidik keterbatasan fasilitas bukanlah sebuah penghalang, bagi kita halangan itu ketika mind set kita tidak berubah untuk kemajuan yang lebih baik, murid saya di MA Yaspib Bitung sebagian besar orang tuanya berada dibawah garis kemiskinan tapi mereka begitu antusias ke warnet ketika mereka pulang sekolah untuk mengerjakan quipper school, mereka berkata " saya suka mengerjakan tugasnya pak, bahkan anak-anak sekolahan lain yang lagi main games pada nimbrung ngelihat apa yang siswa saya lakukan dengan quipper school". 
Untuk itu harapan saya jika anda yang membaca tulisan ini adalah seorang pendidik (guru) segera bergabunglah bersama kami untuk menuju Indonesia cerdas.

Daftar diri anda dengan klik: http://www.quipperschool.com/id/signup.html, 
Masukkan data anda seperti: 
Nama Depan:
Nama Belakang:
Alamat email:
No. HP:
Kode Ambassador: Untuk kode ambassador silahkan masukkan kodenya:  EEXDBFN

 Untuk informasi lengkap bisa hubungi kami Ambassador Resmi Quipper School Indonesia
HP: 085240976887

Tidak ada komentar:

Posting Komentar